Cara Melakukan Verifikasi Kepemilikan Domain di Blog Wordpress


Cara Melakukan Verifikasi Kepemilikan Domain di Blog Wordpress by Fathir.

Sebagai seorang blogger tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah ini. Melakukan verifikasi domain biasanya dilakukan ketika hendak mendaftarkan sebuah domain untuk keperluan tertentu misalnya untuk memenuhi persyaratan sebagai publisher atau untuk membuka toko di instagram shoping.

Kuasai Beberapa Metode

Banyak sekali metode yang bisa dilakukan untuk melakukan verifikasi domain. Akan tetapi informasi yang banyak beredar di internet hanya mengambil langkah yang paling simpel yaitu dengan menempelkan kode HTML kedalam tag <head>.

Metode di atas bisa dilakukan dan selalu berhasil pada platform blogger. Namun pada blog yang berbasis wordpress hal itu tidak selalu berhasil. Terkadang bisa dan kadang juga malah gagal. Apalagi hosting yang digunakan adalah hosting gratisan.

Untuk itulah kita perlu menguasai beberapa metode lagi di bidang ini agar kita siap menghadapi permasalahan tersebut. Nah di dalam tulisan ini kami akan bahas mmengenai cara melakukan verifikasi kepemilikan domain di blog wordpress. 

Cara Melakukan Verifikasi Kepemilikan Domain di Blog Wordpress

Meletakkan kode HTML di tag <head>

Metode ini paling sering digunakan dan tampaknya ini yang paling disenangi oleh para blogger. Karena ini adalah cara paling simpel. Namun cara ini tidak bisa diterapkan pada beberapa blog dengan platform wordpress terutama pada blog yang menggunakan layanan free hosting.

Untuk meletakkan kode HTML ditag <head> sangatlah mudah. kalian bisa menggunakan plugin insert header and footer kemudian aktifkan plugin tersebut. Selanjutnya klik setting dan pilih insert header and footer Setelah itu salin kode verifikasi dan tempelkan pada kolom yang sudah disediakan. 

Download file HTML dan Menguploadnya ke root directory Website

Metode ini sangat jarang sekali di bahas oleh para blogger. Mungkin karena metode ini agak sedikit rumit dan memerlukan ketelitian. Nah disini kami berinisiatif untuk membahasnya dengan harapan dapat membantu teman-teman terutama yang menggunakan hosting gratisan.

Untuk mengupload file verifikasi ke root directory kita memerlukan plugin yang bernama wp file manager. Cara menemukannya sangat mudah yaitu kamu pilih plugin kemudian klik new di kolom search kamu ketik wp file manager.

Selanjutnya install dan segera aktifkan. Setelah itu kembali ke menu dan klik icon wp file manager. Kemudian cari dan klik tombol upload. Lalu cari file verifikasi yang sudah kamu download. Untuk wordpress dengan hosting berbayar kalian bisa meletakkan file tersebut di public html.

Untuk Wordpress dengan hosting gratisan kalian bisa meletakkan file verifikasi ini di bawah folder wp include 
 

Cara Melakukan Verifikasi Kepemilikan Domain di Blog Wordpress

Meletakkan file verifikasi dengan menggunakan SPF record

Ini juga salah satu metode yang sangat jarang dibahas oleh para blogger diinternet. Mungkin ini disebabkan karena mereka belum mengalami permasalahan saat melakukan verifikasi domain. Apalagi jika dia menggunakan hosting dan domain yang berbayar.

Pada wordpress dengan fasilitas free hosting kamu perlu mengetahu lebih dari satu metode. Sebab biasanya pada wordpress tipe free hosting akan banyak mengalami kendala saat melakukan verfikasi domain.

Untuk meletakkan file verfikasi dengan menggunakan SPF record kamu harus masuk dulu ke cpanel kemudian kamu cari dan klik icon DNS atau SPF. Buka file verfikasi yang sudah kamu download salin kode yang ada di dalamnya dan tempelkan pada kolom SPF record kemudian klik Add. 

Menghubungi teknikal support

Nah ini juga bagian yang paling penting dalam melakukan verfikasi domain. Setelah semua cara di atas sudah kamu jalankan dan ternyata belum juga berhasil. Langkah terakhir yang bisa kamu ambil adalah menghubungi teknikal support terkait.

Cara nya sangat mudah kamu tinggal kirimkan email kepada mereka dan katakan apa saja yang sudah kamu upayakan untuk melakukan verfikasi. Tidak lama kemudian mereka akan membalas pesan dari kamu dan akan memberikan solusi jika memang masih memungkinkan.

Namun ada juga beberapa pihak yang tidak mau menerima wordpress dengan layanan free hosting.
 
Nah itulah sedikit pembahasan mengenai cara melakukan verfikasi kepemilikan domain. Semoga bermanfaat. 
 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Car Reviews

Formulir Kontak

close