Cara Memasang Google Analytics di Wordpress dan Blogspot

Cara Memasang Google Analytics di Wordpress dan Blogspot

Cara Memasang Google Analytics di Wordpress dan Blogspot By Fathir. 

Google analytics adalah sebuah program yang berfungsi untuk mencatat segala aktfitas yang terjadi pada website atau blog yang kita miliki. Mulai dari titik masuk, titik keluar, nama halaman dan sebagainya. Semua akan di catat untuk kemudian di analisis oleh penggunanya.

Manfaat Google Analytics

Manfaat dari Google analytics adalah kita dapat mengetahui halaman apa yang paling banyak dikunjungi dan berapa lama mereka berada di halaman tersebut. Dengan demikian kita akan mendapatkan ide-ide baru dalam pembuatan artikel berikutnya.

Pesyaratan

Manfaat dari Google Analytics ini baru dapat dirasakan setelah kita melakukan pendaftaran untuk situs kita dan melengkapi semua data-data yang diperlukan. Selanjutnya kita harus mencari script atau kode yang diberikan oleh Google Analytics dan memasangnya pada website atau blog yang kita miliki.

Nah pada tulisan kali ini kami akan menerangkan bagaimana cara memasang google analytics di wordpress dan blogspot

Cara Memasang Google Analytics di Wordpress dan Blogspot

Login ke Google Analytics

Pertama, Login Ke Google Analytics. Jika Anda belum mendaftar, lakukanlah pendaftaran terlebih dahulu. Setelah itu klik Admin.

Periksa dan Pastikan

Kedua, Pastikan akun yang sudah kamu pilih adalah nama blog atau nama website yang kamu daftarkan. Jika sudah benar langkah selanjutnya adalah membuka halaman aliran data dengan cara klik aliran data pada menu di properti.

Cara Memasang Google Analytics di Wordpress dan Blogspot

Cara Memasang Google Analytics di Wordpress dan Blogspot

Mulai Sisipkan Kode 

Ketiga, selanjutnya klik nama situs atau blog yang ingin kamu sisipkan kode dari Google Analytics. Kemudian kita menuju pada petunjuk pemberian tags yang terdapat icon kunci pas disampingnya.

Keempat, Klik pada tulisan Tag Situs Global (gtag.js). Salin kode yang terdapat di kolom itu.

Kelima, Masuk ke dashboard wordpress kamu. Klik appearance kemudian klik widget. Pilih widget text. Tempelkan kode tersebut ke dalam widget itu. Kamu harus menepelkannya pada mode Text bukan pada mode visual.

Cara Memasang Google Analytics di Wordpress dan Blogspot

Keenam, Klik simpan kemudian klik done

Wordpress Gratisan

Perlu diperhatikan untuk wordpress versi gratis metode ini kadang bisa kadang juga tidak. Sebab wordpress tidak memberikan akses pada kode javascript atau tag <script>. Ini artinya kita memerlukan izin akses dulu dari mereka. Inilah kekurangan dari wordpress versi gratis.

Alternatifnya adalah kamu buat akun wordpress dengan menggunakan hosting gratisan misalnya dengan inifity free dengan demikian kamu bisa memasang plugin agar bisa menempelkan kode google analytics-nya.

Wordpress Berbayar dan Blogger

Untuk Wordpress versi berbayar tentu kalian bisa dengan mudah menempelkan kode tersebut baik secara manual ataupun menggunakan plugin insert header and footer.

Untuk blog dengan platform blogger atau blogspot tentu saja ini sangat mudah dilakukan. Anda tinggal pilih menu tema, kemudian pilih Edit HTML. Selanjutnya tempelkan kode di tag <head>

Kami kira cukup sampai di sini dulu penjelasan mengenai cara memasang google analytics di Wordpress dan blogspot. Sampai jumpa dilain kesempatan.

Baca Juga, Cara sederhana membuat fanspage Facebook

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Car Reviews

Formulir Kontak

close