Cara Verifikasi Google Search Console di Wordpress

Cara Verifikasi Google Search Console di Wordpress by Fathir

Google search console adalah suatu alat yang digunakan oleh para pemilik website untuk mengukur performa website yang dimilikinya. Google eearch console hanya mencatat pengunjung yang masuk melalui pencarian berdasarkan kata kunci pada mesin pencariannya.

Mencatat Kinerja 

Apabila ada seseorang yang masuk ke salah satu website melalui URL langsung. Maka dia tidak akan tercatat pada laporan kinerja di google search console. Sebuah website dapat dikatakan mendapatkan trafik organik apabila website itu kedatangan pengunjung dari kata kunci yang di ketiknya melalui mesin pencari.

Terdaftarnya website yang kita miliki di Google Search Console merupakan syarat yang harus dipenuhi agar website kita bisa tampil saat pengunjung melakukan pencarian dengan mengetikkan kata kunci di mesin pencari.

Maka dari itulah kita harus memverifikasi website kita ke Google Search Console. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cara verifikasi google search console di Wordpress atau di website berplaform Wordpress.

Cara Verifikasi Google Search Console di Wordpress 

Mulai Daftarkan Website

Pertama, kita harus mendaftarkan website kita ke google webmaster terlebih dahulu dengan cara mengunjunginya melalui browser yang kita miliki. 

Kedua, setelah masuk ke website webmaster tool cari dan klik tombol search console. Selanjutnya klik tombol mulai sekarang.

Cara Verifikasi Google Search Console di Wordpress

Ketiga, masuk dengan menggunakan akun gmail yang Anda miliki. Kemudian anda akan diminta untuk menambahkan property dengan cara mendaftarkan alamat website pada kolom yang telah disediakan.

Masukkan Sesuai Tipe

Keempat, Yang sebelah kiri adalah domain TLD misalnya www.domainmu.com yang sebelah kanan adalah subdomain misalnya https://namaanda.wordpress.com. Silahkan disesuaikan dengan tipenya masing-masing. Kemudian klik tombol TERUS.

Pilih Metode Verifikasi

Kelima, selanjutnya Anda akan diminta untuk memilih metode verifikasinya. Dalam hal ini ini kita pilih metode input tag HTML dengan cara klik Tanda panah keatas supaya metode dengan verfikasi lainnya muncul.

 

Cara Verifikasi Google Search Console di Wordpress

Keenam, klik File HTML, nanti akan muncul jendela baru untuk menyalin kode verifikasinya dan segera salinlah kode tersebut.

Masuk ke Wordpress

Ketujuh, masuk ke Akun Wordpress yang Anda miliki. Kemudian klik Tools, selanjutnya klik Merketing, selanjutnya masuklah ke tab traffic.

 

Cara Verifikasi Google Search Console di Wordpress

Letakkan Kode dan Verifikasi

Kedelapan, scroll ke bawah dan Anda akan menemukan kolom untuk meletakkan kode verfikasi tersebut. Segera tempelkan kodenya di sana, lalu klik tombol Save settings. Kemudian klik verifikasi pada jendela google search console.

Pengguna Yoast SEO

Jika anda menggunakan wordpress dengan hosting dan domain anda sendiri. Maka gunakanlah plugin Yoast SEO untuk membantu melakukan verifikasi. Caranya sangat mudah. Cukup install dan aktifkan plugin Yoast SEO.

 

Kemudian cari dan klik icon Yoast SEO. Selanjutnya buka tab webmaster tool yang ada didalamnya dan masukkan kode verfikasi pada kolom yang telah disediakan, kemudian klik tombol Save changes. Kembali ke Jendela Google Search Console lalu klik Verifikasi.

Demikianlah penjelasan mengenai cara verifikasi google search console di Wordpress. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Cara setting mp3 menjadi nada dering di WA

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Car Reviews

Formulir Kontak

close